Colors For A Home Sweet Home

Banyak orang berlomba mendesign rumah dengan model yang mutakhir, dilengkapi dengan perabot yang canggih, belum lagi hiasan interiornya yang bernilai ‘wah’ , tak jarang satu macam barang sebagai tempelan pelengkap hiasan harus didatangkan dari luar negeri. Bagi yang masih sangat percaya mistik, mereka tak segan-segan membayar mahal jasa ahli Fengshui. Semua dilakukan demi rasa aman, nyaman, tentram di dalam rumah sendiri. Ya! Sangat wajar. Apalagi bila sebagian besar aktifitas sehari-hari harus dilakukan di rumah, tentu saja itu menjadi satu kebutuhan, agar tidak cepat merasa bosan atau jenuh. Malah akan menjadi kebanggan sendiri kalau bisa memenuhi hobi mengotak-atik interior rumah, menyulap rumah bak instana yang indah dan megah.

Tak perlu megah atau mewah untuk menjadikan rumah sebagai ‘home sweet home’. Hanya dibutuhkan kecermatan anda untuk melihat dan menilai suasana sekitar rumah apabila anda hendak memilih calon rumah sebagai tempat tinggal yang nyaman, tentram dan aman. Tentu saja ada pilihan yang paling mudah, anda tinggal datang ke kantor pemasaran sebuah developer real estate, hitung dana yang ada, survey, dan rumah idaman langsung didapat.

Bagaima bila tidak cukup tersedia dana untuk mendandani rumah sedemikian rupa, agar kita tetap nyaman dan tentram? Syukur sudah memiliki rumah hasil cicilan, itupun dengan bantuan Yayasan Dana Mertua.. Tenang.. Anda masih bisa menjadi ‘ahli fengshui’ untuk rumah anda sendiri, anda masih bisa menjadi designer interior yang handal, dan jangan heran, biaya yang anda butuhkan akan jauh lebih murah.

Siasati Dengan Warna

Bila anda sudah terlalu jenuh dengan dandanan rumah, sementara anda tidak memiliki dana cukup untuk mengadakan renovasi besar-besaran. Masih ada jalan yang mudah, dan bisa dilakukan kapan saja, yakni dengan mengganti warna dinding ruangan, sesuai dengan selera. Tapi hendaknya jangan terburu-buru, sebelum anda mengenal hal-hal berikut dibawah ini:

1. Warna Dan Karakter Psikologis

Seperti warna aura yang memancarkan karakter psikologis yang dimiliki seseorang, warna di lingkungan sekitarpun sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembangnya karakter psikologis orang tersebut. Berikut dibawah ini warna dan karakter psikologisnya:

    • Merah: Semangat, Vitalitas, Ambisi, Gairah hidup
    • Jingga/Oranye: Fantasi, Imaginasi,
    • Kuning: Rasa memiliki, Emosi
    • Hijau: Adaptasi, Kekeluargaan, Kasih Sayang
    • Biru: KIntuisi, Spontanitas
    • Nila: Ide, Otoritas, Keterbukaan
  •               Ungu: Keilahian, Spiritual

2. Warna Dan Optimalisasi Fungsi Ruangan

Menerapkan warna pada dinding ruangan sangat penting, selain untuk estetika (keindahan), juga harus melihat fungsi dari ruang tersebut. Memilih warna yang cocok tentulah sangat penting, apalagi bila anda memiliki hobi mendandani ruangan pribadi anda dengan pernak-pernik kesayangan (mix and match).

Ada 4 ruangan dalam satu rumah yang fungsinya paling penting dan sangat besar pengaruhnya terhadap perkembangan psikologis penghuninya, yakni: ruang tidur, dapur, ruang keluarga, dan kamar mandi. Bila ukuran rumah cukup luas, tidak menutup kemungkinan ruangan-ruangan pelengkap pun memiliki pengaruh tersendiri pada perkembangan psikologis penghuninya, misal: ruang kerja, ruang baca, ruang tamu, dan lain-lain.

Ruang tidur utama ada di urutan pertama yang harus benar-benar dipertimbangkan bila anda ingin mengganti warna dindingnya. Ruang tidur seringkali disebut tempat peraduan, artinya ruang ini sangat khusus dan sangat pribadi, apalagi untuk membangun keharmonisan hubungan dengan pasangan. Pilihlah warna yang sesuai dengan karakter psikologis dengan mempertimbangkan fungsi tersebut di atas. Pilihan warna jatuh pada warna-warna seperti: hijau atau biru. Sementara untuk aksen penambah gairah, romantis, dan intim anda bisa melengkapi dengan pernak-pernik warna yang sesuai (lihat tabel warna di atas).

Ruang tidur anak meski memiliki fungsi yang sama dengan ruang tidur utama, tentu ada fungsi lain yang sangat penting untuk tumbuh kembang psikologis si anak, Pilihlah warna yang lebih terang walau tetap lembut, seperti: oranye, kuning, hijau. Imajinasi bagi pertumbuhan kecerdasan Emosional dan Intelektual sangat penting untuk dipertimbangkan, sementara kenyamanan ruangan sebagai tempat istirahat bisa dicermati dengan menambahkan perlengkapan/pernak-pernik sesuai dengan minat dan hobi si anak.

Budaya kita yang menjunjung tinggi keramah-tamahan dan kekeluargaan sangat berpengaruh terhadap fungsi dan optimalisasi ruangan dalam rumah, tak jarang satu ruangan memiliki fungsi lebih dari satu. Contohnya Living Room. Yang arti sebenarnya merujuk ke fungsi sebagai ruang keluarga, namun dalam budaya kita, tak jarang living room berfungsi lebih, bisa sebagai ruang nonton tv, ruang keluarga, sekaligus ruang untuk menerima tamu. Tidak jadi masalah, selama si penghuni bisa mengatur dan memfungsikan ruangan itu dengan baik. Pilihan warna yang sesuai: Kuning, Hijau, oranye, atau variasi dari campuran warna-warna tersebut.

Dapur bagi sebagian orang benar-benar memiliki keutaman yang setara dengan ruang tidur, terutama bagi pecinta olah makanan. Bukankah rasa cinta berawal dari lidah? Hmm bila begitu adanya segera siasati dapur anda dengan warna yang fungsinya selain memperindah juga bisa memberi semangat pada pasangan anda untuk terus mencari rajeki, anda yang hobi mengolah makanan dan berlama-lama di dapur kan jadi semangat juga…🙂

Ada sedikit tips dari ahli fengshui untuk ruangan yang satu ini. Bila rumah anda tipe bertingkat, hindari letak dapur yang bertepatan di bawah kamar mandi di lantai atas. Hal ini dipercaya oleh ahli fengshui akan mematikan rejeki anda, dapur yang didominasi elemen api, akan redup dan perlahan mati tertimpa dominasi elemen air yang berasal dari kamar mandi di atasnya. Masuk akal kan? Dan untuk penerapan warna, usahakan warna-warna yang terang, dan segar, seperti Kuning, Merah, atau variasi dari warna-warna tersebut, seperti coklat, merah bata, dll.

Kamar mandi adalah ruangan yang sangat pribadi, bila anda ingin membuat fungsinya menjadi lebih optimal, sebaiknya pisahkan kamar mandi utama dengan toilet yang bisa digunakan untuk banyak orang, termasuk tamu. Sebagian ahli fengshui sangat tidak menyarankan meletakkan kamar madi di ruang tidur. Karena energi di kamar mandi akan sangat memepengaruhi energi di dalam ruanga tidur pada umumnya. Energi kamar mandi dianggap sebagai buangan atau sampah, dan itu tidak baik untuk keharmonisan hubungan pasangan.  Maka sebaiknya pindahkan kamar mandi itu ke luar ruang tidur utama. Tapi bila hal itu tidak memungkinkan, maka permainan warna bisa jadi andalan anda untuk mensiasatinya. Gunakan warna-warna yang segar, seperti hijau, merah, kuning, coklat muda/krem, dll.

Dari seluruh ulasan mengenai tips warna diatas, yang penting juga anda ketahui adalah pengaturan cahaya di dalam ruangan, ventilasi udara, dan tata letak, terutama bila anda senang menambahkan pernak-pernik sebagai tambahan dekorasi ruangan. Untuk ruang tidur anak-anak, kamar mandi, dan dapur, utamakan pemiilihan bahan material yang aman bagi keselamatan dan juga kebersihan. Pilihan warna pun bisa disesuaikan dengan selera pribadi, hindari penggunaan warna-warna yang terlalu ekstrim misal merah, kuning, dan oranye, ada baiknya mengetahui variasi campuran warna-warna tersebut hingga warna yang dihasilkan menjadi lebih lembut dan sesuai dengan fungsi ruangan.  So.. tunggu apa lagi?

Ditulis Oleh: Arraynov

Sumber gambar diambil dari Google.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s